Taman Suruh, Destinasi Cantik di Banyuwangi yang Instagramable -->

Taman Suruh, Destinasi Cantik di Banyuwangi yang Instagramable

Saturday, February 11, 2023

 

Taman Suruh Banyuwangi ( instagram.com)

Zonamerdeka.com - Taman Suruh merupakan tempat rekreasi dan pemandian yang ada di Banyuwangi. Pemandian Taman Suruh tidak hanya bisa berekreasi sembari bersantai bersama keluarga, tetapi juga menikmati pemandangan yang mempesona.


Tidak hanya pemandian akan tetapi Taman Suruh juga dikenal sebagai Agrowisata karena terdapat berbagai macam tanaman disekitar area pemandian.


Taman Suruh terletak di Dusun Wonosari, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah. Lokasi Agrowisata Taman Suruh ini berjarak kurang lebih 9 km dari arah barat kota Banyuwangi, Jawa Timur.


Agrowisata Taman Suruh Berada dalam suasana pedesaan suku asli kota Banyuwangi yaitu suku Osing. 


Sumber instagram




Agrowisata Taman Suruh ini berada di kawasan pegunungan pada ketinggian kurang lebih 1000 meter dari permukaan laut sehingga memiliki hawa sejuk.


Walaupun Agrowisata Taman Suruh ini merupakan wisata buatan, akan tetapi berdasarkan hasil uji dan penelitian Badan Teknologi Kesehatan Lingkungan (BTKL) di Surabaya, kualitas air di sumber ini bagus.


Bahkan layak dan boleh diminum, karena tidak memiliki endapan dan memiliki kandugan mineral serta suhu rata-rata 12 hingga 15 derajat celcius. 


Masyarakat setempat pun disebut sebagai “Sumber Waras”. 


Hal ini dikarenakan air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit.


Pada Agrowisata Taman Suruh ini terdapat kolam khusus untuk anak-anak dengan luas 300 meter persegi. 


Selain itu juga kolam untuk dewasa, kolamnya berukuran 750 meter persegi dengan kedalaman yang disesuaikan.


Tidak hanya itu ditambah area pelataran dan ruang tunggu alam yang mencapai ukuran 2000 meter persegi.


Pengelola Agrowisata Taman Suruh ini juga menyediakan wahana outbond untuk anak-anak. Ada juga berbagai kedai yang berjejer menjual aneka makanan. 


Halaman parkirnya cukup luas, ada penjual souvenir, mushola hingga tenda yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat dan tempat makan-makan bareng keluarga. Agrowisata Taman Suruh sangat nyaman untuk bersantai keluarga, selamat menikmati. 

 

Tempat Pemandian Taman Suruh ini terletak di Dusun Wonosari, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah ini berlokasi sekitar kurang lebih 9 kilo arah barat kota Banyuwangi. Suasananya yang unik dan menyenangkan karena berada di pedalaman suku asli Banyuwangi yaitu suku Osing, membawa daya tarik tersendiri. Selain itu letak geografisnya yang berada 1000 meter di atas permukaan laut membuat obyek wisata ini memiliki hawa yang sejuk dan segar, tidak banyak polusi seperti di kota-kota besar. Banyak orang-orang juga mempercayai bahwa mata air yang ada di tempat ini bisa dijadikan sebagai terapi.



Pemandian Taman Suruh juga sangat cocok anda datangi bersama keluarga karena di sini panoramanya berbeda seperti di kolam pemandian lainnya. Di tempat ini anda akan dibuat terpesona oleh keindahan alamnya, di sisi samping dan di sekitar area tempat pemandian, anda bisa melihat berderet pohon-pohon juga sawah milik penduduk setempat yang membentang hijau, sangat menyegarkan mata. 



Hal ini berbanding terbalik saat dulu sebelum lokasi ini dijadikan obyek wisata tempat pemandian. Wilayah seluas 3,5 hektar yang dulunya termasuk cadas dan mempunyai kontur tanah berbatu ini adalah bekas perkebunan yang tidak produktif. Beruntungnya area ini miliki mata air alami yang keluar dari bebatuan sehingga sekarang kawasan tersebut berubah 180 derajat menjadi salah satu surga bagi wisatawan yang datang. Terutama air yang dihasilkan juga berkualitas tinggi, mempunyai warna yang jernih dan bersuhu lumayan dingin, jadi cocok untuk dijadikan sebuah kolam pemandian.

 

Seperti yang disebutkan di atas, obyek wisata ini cocok untuk anda yang membawa anak-anak karena di sini kolam pemandiannya sudah dibagi menjadi dua, satu untuk anak-anak yang mempunyai kedalaman dangkal, dan satu lagi kolam standard untuk orang dewasa dengan kedalaman sekitar 160 meter.



Kolam yang disediakan pihak pengelola Pemandian Taman Suruh juga termasuk sangat luas, yaitu 750 m2 untuk orang dewasa dan 300 m2 untuk anak-anak. Belum lagi di tambah pelataran yang luas untuk anda menyusuri wilayah ini lebih jauh sambil mengagumi pemandangannya.



Bosan bermain air dan menghabiskan waktu di kolam pemandian? Jangan khawatir, kesenangan anda belum selesai, di tempat ini juga tersedia wahana outbound yang bisa anda nikmati bersama buah hati. Menaiki flying fox, memanjat jembatan tali tentunya akan terasa sangat mengasyikan. Jadi tunggu apalagi? Jangan ragu untuk datang ke Pemandian Taman Suruh yang satu ini.


Fasilitas di Pemandian Taman Suruh


Karena telah dikelola dengan baik, anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada di Pemandian Taman Suruh. Di tempat ini pastinya telah disediakan kamar mandi umum, dan bilik-bilik untuk tempat anda berganti baju setelah puas bermain di kolam, selain ini juga ada beberapa kantin yang siap memanjakan perut anda yang sedang lapar atau tenggorokan anda yang haus.



Area parkir juga mempunyai lahan yang luas, sehingga anda tidak perlu takut tidak kebagian tempat parkir saat pengunjung sedang ramai-ramainya. Ada juga mushola untuk beribadah, dan sebelum anda pulang, pastikan dulu untuk mampir ke toko souvenir yang ada di sana untuk membeli buah tangan bagi sanak saudara atau teman di rumah.


Hunting Foto di Pemandian Taman Suruh

Anda tidak suka berendam di kolam pemandian namun anda penyuka fotografi? Di sini anda bisa dengan leluasa mengambil foto-foto dari pemandangan yang ada di sekitar anda. Manfaatkan panorama hijau yang ada sebagai target bidikan kamera sehingga anda bisa menghasilkan gambar yang bagus untuk dipamerkan ke sosial media.



Untuk anda yang mempunyai kamera tahan air, anda juga bisa membawanya saat anda sedang berendam sehingga anda bisa mengabadikan momen-momen seru di kolam, atau hanya sekedar untuk berselfie ria, Apapun itu, walaupun anda tidak terlalu menggemari fotografi, mengabadikan gambar bersama keluarga di tempat ini sepertinya harus, supaya bisa dijadikan kenang-kenangan. [Lilis]

 

 Peta Menuju Pemandian Taman Suruh

TerPopuler