Simak Sejarah Pecel Rawon Khas Banyuwangi -->

Simak Sejarah Pecel Rawon Khas Banyuwangi

Friday, August 25, 2023

 


Banyuwangi.zonamerdeka.com - Pecel Rawon mulai rame lagi dibicarakan setelah ada launching makanan khas Jember yakni rawon pecel.


Pecel rawon atau juga disebut rawon pecel ini sebenarnya sudah lama dinikmati masyarakat terutama masyarakat Banyuwangi.


Pemilik warung pecel rawon Bu Warsi, Rusmiati menceritakan bahwa warung ini sudah buka sejak tahun 1960-an. Selanjutnya, sekitar tahun 1980, warung ini dikelola oleh Ibunya, Suwarsi. Sejak saat itu, warung ini diberi nama warung Bu Warsi.


Adapun pada tahun 1988 ada penjual yang menggunakan gerobak, berjualan di daerah Singomatan. Sejak itulah Pecel Rawon mulai popular di banyuwangi. Dari kelas pedagang kaki lima hingga restoran menjual makanan ini. Dan sejak saat itu pula, rawon pecel menjadi makanan khas Banyuwangi.


Ada lagi warung makanan Pecel Rawon di banyuwangi adalah rumah makan pecel ayu di jalan laksda adisucipto 60, Banyuwangi , Jawa timur. Rumah makan ini sudah bermarkas disini sejak tahun 1997. 


Ada lagi Pecel Rawon Bik Atik, berdiri sejak 1948 menurut Winda Sulistya, salah satu pengelola restoran saat ini.


Ketiga warung inilah yang mengawali Pecel Rawon di Banyuwangi. Ada pun warung pangklang yang juga terkenal menyajikan Pecel Rawon yang enak di Banyuwangi.


Harga Pecel Rawon di Banyuwangi juga bervariasi, ada yang murah mulai dari 8 ribu ada juga kisaran 20-30 ribu per porsi.


Pecel Rawon menjadi makanan khas Banyuwangi sejak dulu, sehingga tidak heran Pecel Rawon ini salah satu makanan yang diburu pengunjung ketika singgah di Banyuwangi.


Kelezatan rawon yang penuh dengan bumbu rempahnya yang dipadukan dengan kesegaran pecel, menjadi rasa unik yang memperkaya citra rasa. 


Begitulah sedikit gambaran Pecel Rawon makanan khas Banyuwangi yang menjadi salah satu santapan yang bikin lidah ingin untuk menikmatinya lagi ketika singgah di Banyuwangi. (Lilis)

TerPopuler